Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 4 SD Halaman 35 36 39 40 41 42 43 44 45 Subtema 1 Pembelajaran 3

Kunci jawaban Buku Tematik Kelas 4 SD/MI Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3 halaman 35, 36, 39, 40, 41, 42, 43, 44, dan 45 mengenai Keberagaman Budaya Bangsaku. Sejumlah soal ada dalam buku Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3 Kelas 4 SD Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 halaman 34 sampai 45. Ada empat subtema dalam Buku Tematik kelas 4 SD Tema 1 yang berjudul Indahnya Kebersamaan.

Pada Subtema 1, siswa kelas 4 SD akan belajar mengenai Keberagaman Budaya Bangsaku. Ada beberapa pembelajaran yang bisa dikerjakan siswa kelas 4 SD/MI dalam Buku Tematik Tema 1 subtema 1. Inilah kunci jawaban buku tematik kelas 4 SD/MI Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3 halaman 35, 36, 39, 40, 41, 42, 43, 44, dan 45:

Tuliskan pengalamanmu saat mencoba salah satu permainan tradisional. Diskusikan jawabanmu dengan jawaban teman sekelompokmu! 1. Apa yang membuat kamu tertarik dengan kedua permainan tradisional tersebut? Jelaskan!

Permainan tersebut sangat mudah dimainkan dan dapat melatih kerjasama tim. 2. Bagaimana aturan permainan tradisional tersebut? Aturan permainan gobak sodor:

Penjaga boleh bergerak ke sana ke mari, tetapi tidak boleh melewati garis melintang yang dijaganya. Kaki si penjaga tidak boleh keluar garis. Penjaga hanya boleh menyentuh pemain lawan dengan tangan dan tidak boleh menyakiti.

Pemain yang sudah masuk tidak boleh keluar lagi Garis tengah arena (garis sodor) hanya dilewati oleh sodor. Pemain jika akan harus melewati garis jaga, kalau dilanggar maka dianggap mati dan terjadilah pergantian pemain.

Pemain jika tersentuh penjaga dianggap mati. Jika ada pemain beralih kotak diperbolehkan asal memberi tahu terlebih dahulu. Kalau pemain dapat melewat penjaga sampai garis belakang, harus kembali dan melewati penjagaan lagi.

Jika ada pemain yang dapat kembali, kelompok tersebut dianggap menang dan mendapat sawah satu. Apabila ada salah satu pemain yang melanggar aturan tersebut dianggap mati dan terjadilah pergantian permainan. 3. Bagaimana strategi kelompokmu untuk dapat memenangkan permainan itu?

Strategi kelompok agar dapat memenangkan permainan itu dengan menjaga kekompakan dan kerja sama dengan tim. Selain itu, berbagi tugas, siapa yang akan mengelabui kelompok yang berjaga. 4. Sikap apa yang sebaiknya kamu tunjukkan saat kelompokmu menang atau kalah dalam permainan?

Saat kelompok menang, maka bersyukur dan tidak sombong. Sebaliknya, jika kalah, harus lapang dada menerima kekalahan dan memberi semangat pada kelompok yang menang. 5. Hal baik apa saja yang dapat kamu pelajari dari permainan itu?

Hal baik apa saja yang dapat dipelajari dari permainan itu adalah kerja sama tim dan bergotong royong. Isilah tabel berikut berdasarkan hasil percobaan! Melalui media apa saja bunyi dapat merambat dan sampai ke telinga kita?

Bunyi dapat merambat dan sampai ke telinga kita melalui media benda cair, padat, dan gas. Media atau benda apakah yang digunakan untuk merambatkan bunyi? Benda yang dapat digunakan untuk merambatkan bunyi adalah benda padat, cair, dan gas.

Apakah bunyi yang dihasilkan dari setiap media sama? Mengapa? Tidak. Bunyi yang dihasilkan dari setiap media tidak sama alias berbeda karena setiap media dapat menghasilkan gelombang bunyi yang berbeda. Apa yang dapat kamu simpulkan tentang perambatan bunyi?

Bunyi memerlukan medium perambatan. Bunyi dapat merambat di benda padat, cair dan gas, tapi tidak dapat merambat di ruang hampa. Buatlah laporan dari salah satu percobaan yang kamu lakukan! Laporan Kegiatan Percobaan

Nama Percobaan: Percobaan Perambatan Bunyi Tujuan Percobaan: Mengidentifikasi sifat bunyi (merambat) melalui benda cair. Alat dan Bahan:

1. Ember besar 2. Air 3. Batu koral

4. Corong kecil Langkah Kerja: 1. Isi ember dengan air hingga penuh.

2. Masukkan corong ke dalam ember hingga bagian bawahnya terendam. Usahakan corong tidak menempel pada ember. 3. Ketuklah salah satu sisi ember dengan menggunakan batu secara perlahan. Sementara itu dekatkan telingamu pada bagian atas corong. 4. Dengarkan dan catat hasilnya.

Hasil Percobaan: Batu dibenturkan di udara (di luar air) terdengar pelan, sedangkan batu yang dibunyikan dalam air terdengar lebih eras. Suara yang dihasilkan oleh kedua batu yang dipukulkan merambat melalui partikel partikel air. Suara yang dihasilkan lebih pelan jika dipanding di luar air karena partikel air lebih padat.

Kesimpulan: Cepat rambat bunyi di air lebih cepat dibandingkan cepat rambat di udara. Hal ini karena kepadatan partikel di air dan di udara berbeda (lebih rapat di zat cair). Pada pembelajaran sebelumnya, kamu sudah membaca cerita tentang Siap Menghadapi Musim Hujan. Bacalah sekali lagi cerita tersebut dan tulislah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya.

Gunakan diagram diagram berikut. Gagasan Pokok: Musim hujan hampir tiba. Gagasan Pendukung:

Musim hujan di kampung Babakan. Warga Kampung Babakan bersiap menghadapi musim hujan. Warga Kampung Babakan berencana melakukan gotong royong.

Warga Kampung Babakan berencana membersihkan selokan. Warga Kampung Babakan ingin membuat selokan mereka bersih. Jika selokan bersih, maka warga tidak akan kebanjiran.

Gagasan Pokok: Warga semangat membersihkan selokan. Gagasan Pendukung: Pak Sammy dan Pak Udin membersihkan selokan dari sampah.

Pak Made dan Pak Udin memastikan selokan tidak terhambat Pak Nur mengambil sampah yang telah dikumpulkan Pak Nur meletakkan sampah dalam gerobak sampah

Para warga bergotong royong Para warga menjalankan tugas masing masing. Gagasan Pokok: Warga menikmati teh hangat dan pisang goreng setelah kerja bakti.

Gagasan Pendukung: Warga berkumpul setelah kerja bakti. Makanan dimasak oleh para ibu.

Para warga senang. Selokan Kampung Babakan sudah bersih. Selokan Kampung Babakan sudah lancar

Warga siap menghadapi musim hujan. Diskusikanlah hasilnya dengan teman dan gurumu! Gagasan Pokok Paragraf 1: Musim hujan hampir tiba.

Gagasan Pendukung Paragraf 1: Musim hujan di kampung Babakan. Warga Kampung Babakan bersiap menghadapi musim hujan.

Warga Kampung Babakan berencana melakukan gotong royong. Warga Kampung Babakan berencana membersihkan selokan. Warga Kampung Babakan ingin membuat selokan mereka bersih.

Jika selokan bersih, maka warga tidak akan kebanjiran. Gagasan Pokok Paragraf 2: Warga semangat membersihkan selokan. Gagasan Pendukung Paragraf 2:

Pak Sammy dan Pak Udin membersihkan selokan dari sampah. Pak Made dan Pak Udin memastikan selokan tidak terhambat Pak Nur mengambil sampah yang telah dikumpulkan

Pak Nur meletakkan sampah dalam gerobak sampah Para warga bergotong royong Para warga menjalankan tugas masing masing.

Gagasan Pokok Paragraf 3: Warga menikmati teh hangat dan pisang goreng setelah kerja bakti. Gagasan Pendukung Paragraf 3: Warga berkumpul setelah kerja bakti.

Makanan dimasak oleh para ibu. Para warga senang. Selokan Kampung Babakan sudah bersih.

Selokan Kampung Babakan sudah lancar Warga siap menghadapi musim hujan. Apa yang kamu pelajari dari kegiatan hari ini?

Hari ini saya belajar tentang menjalin kekompakan, bekerja sama dengan tim. Juga sifat sifat bunyi merambat, gagasan pokok, dan pendukung. Keragaman apa yang kamu pelajari?

Keberagaman permainan tradisional dan keberagaman perambatan bunyi. Apa yang akan kamu lakukan agar alat musik tradisional Indonesia tidak punah? Aagar alat musik tradisional Indonesia tidak punah, maka kita menjaga, mencitai, mempelajari, memperkenalkan, dan melestarikan alat musik tradisional tersebut.

Jawaban di atas hanya digunakan oleh orang tua untuk memandu proses belajar anak. Soal ini berupa pertanyaan terbuka yang artinya ada beberapa jawaban tidak terpaku seperti di atas. Artikel ini merupakan bagian dari

KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.